Pendaftaran UKT dan Bidik Misi Makin Praktis, TIPD luncurkan Aplikasi

 

TIPD-Peluncuran aplikasi UKT-BKT dilakukan di laboratorium komputer kampus II IAIN Samarinda . Aplikasi UKT/BKT merupakan aplikasi yang wajib di isi oleh calon mahasiswa yang sudah di nyatakan lulus melalui jalur SPAN/UM-PTKIN/UMAN  untuk menentukan jumlah UKT per semester dan sebagai sarana untuk mendukung/menyederhanakan pendaftaran beasiswa bidikmisi. Untuk mahasiswa katagori tertentu, secara sistem dapat menyortir calon-calon mahasiswa yang berhak untuk menerima beasiswa bidik misi dari pemerintah. Aplikasi UKT/Bidikmisi IAIN Samarinda memiliki fitur lengkap yang meliputi data diri, data keluarga, data rumah dan nilai rapor & prestasi siswa.

Bapak Dr. Abzar, D. M.Ag selaku wakil rektor II dalam peluncuran aplikasi ini menyampaikan bahwa aplikasi UKT ini sendiri harus bisa mendapatkan data faktual dari calon mahasiswa, sebagai salah satu sarana pengelolaan secara transparan dalam penetapan UKT dan Bidik misi. Tidak lupa beliau menyampaikan mudah-mudahan tim dapat menjalankan aplikasi UKT dan Bidik misi ini dengan baik, hal ini merupakan bagian dari reformasi birokrasi untuk meningkatkan pelayanan sesuai yang di canangkan Dirjen Pendis. Dengan adanya aplikasi ini sebagai bentuk Perluasan akses ke masyarakat untuk pelayanan layanan publik menjadi lebih baik.

Bapak sugiyono. M.Kom selaku kepala TIPD, menyampaikan dengan adanya sistem UKT/Bidikmisi ini dapat mengeliminasi data-data yang tidak valid. Sistem ini sendiri di adopsi dari sistem SPAN dan UM-PTKIN karena banyaknya dokumen yang di perlukan.

Aplikasi UKT-Bidik misi dapat di akses di https://ukt.iain-samarinda.ac.id/. Untuk peserta SPAN, pengisian data di mulai tanggal 04 – 08 april 2019.